PENGERTIAN
SURAT MENYURAT
Surat menyurat adalah
suatu kegiatan untuk mengadakan hubungan secara terus menerus antara pihak yang
satu kepada pihak yang lainnya. Dan dilaksanakan dengan saling berkiriman
surat. Kegiatan surat menyurat ini disebut juga dengan istilah lainnya yaitu
korespondensi. Jika hanya sepihak saja yang mengirimkan surat secara terus
menerus tanpa ada balasan atau tanggapan dari pihak lainnya hal ini tidak dapat
dinamakan kegiatan surat menyurat. Setiap kerja perorangan apalagi organisasi
selalu membutuhkan kerja sama dengan pihak lain untuk mencapai tujuannya.
Dengan demikian surat menyurat dalam sebuah organisasi
mempunyai kaitan dengan bidang-bidang kegiatan perkantoran lainnya yang
menyangkut tata usaha. Kegiatan perkantoran yang berhubungan dengan surat
adalah :
1.
Surat menyurat/korespondensi yaitu bagaimana mengonsep
surat yang baik, membuat surat yang baik dan juga memperbaiki surat.
2.
Pengetikan/typing
yaitu bagaimana mengetik konsep surat yang sebaik-baiknya, sehingga, menjadi
surat yang siap untuk dikirimkan.
3.
Pengurusan surat/mail
handing yaitu bagaimana menangani surat-surat yang masuk dan keluar yang
sebaik-baiknya dengan prosedur yang efektif dan efisien.
4.
Kearsipan/fiking
yaitu bagaimana menyimpan dan menemukan kembali surat atau warkat dengan cepat
dan tepat setiap saat diperlukan menurut sistem tertentu.
TUJUAN PENULISAN SURAT
1. Ingin menyampaikan warta atau
informasi kepada pihak lain.
2. Ingin mendapat balasan atau
tanggapan dari penerima atau pihak yang dikirim tentang informasi yang
disampaikan tersebut.
3. Memperlancar arus informasi,
sehingga informasi yang diterima jelas dan tidak salah tanggap.
FUNGSI SURAT
1.
Surat sebagai duta atau wakil atau utusan dari
organisasi.
2.
Surat sebagai alat pengingat
3.
Surat sebagai dokumen historis
4.
Jaminan keamanan
5.
Sebagai pedoman atau pegangan untuk melaksanakan tugas
pekerjaan
6.
Surat sebagai media komunikasi
7.
Surat sebagai alat bukti tertulis
8.
Surat sebagai barometer kemajuan kantor
BERDASARKAN
SIFAT SURAT
1.
Surat Pribadi
2.
Surat Dinas Pribadi
3.
Surat Dinas Swasta
4.
Surat Niaga
5.
Surat Dinas Pemerintah
BERDASARKAN KEAMANAN ISINYA
Surat Sangat Rahasia
Surat
Rahasia
Surat
konfidensial
BENTUK-BENTUK SURAT
1.
Bentuk Lurus Penuh (full
block style)
2.
Bentuk Lurus (block
style)
3.
Bentuk Setengah Lurus (semi block style)
4.
Bentuk Lekuk (Indented
Style)
5.
Bentuk Resmi (Official
Style)
6.
Bentuk Menggantung (Hanging
Paragraph Style)
7.
Bentuk Surat Model Depdikbud.
Koresponden Dan
Korespondensi
Koresponden
adalah orang yang berhak atau mempunyai wewenang menandatangani surat, baik
atas nama perorangan maupun kantor atau organisasi.Korespondensi adalah suatu kegiatan atau hubungan yang dilakukan
secara terus menerus antara dua pihak yang dilakukan dengan saling berkiriman
surat.
Korespondensi dalam suatu kantor,
instansi, atau organisasi dibagi dua , yakni :
1.
Korespondensi eksteren
Korespondensi eksteren adalah hubungan
surat menyurat yang dilakukan oleh kantor atau bagian-bagiannya dengan pihak
luar.
2.
Korespondensi interen
Korespondensi interen adalah hubungan
surat menyurat yang dilakukan oleh orang-orang dalam suatu kantor, termasuk
hubungan antara kantor pusat dan kantor cabang.
sumber :
http://heriyanto-tatacarasuratmenyurat.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar